Jumat, 11 November 2011

Review Movie: War Of The Worlds


Release: 2005
Stars: Tom Cruise, Dakota Fanning, Tim Robbins
Director: Steven Spielberg
Writter: Josh Friedman & David Koepp

Tahun 2005 ini, para Alien akan kembali menyerang Bumi kita tercinta, dan tak tanggung-tanggung, ""mereka" berniat untuk membasmi umat manusia layaknya manusia membasmi belatung". Itulah yang dikatakan oleh Harlan (Tim Robbins), salah satu survivor yang bersembunyi di ruang bawah tanah ketika para Alien memporak-porandakan seluruh dunia. Ya, tema Alien merupakan tema yang diambil sutradara kawakan Steven Spielberg yang mendalangi Jaws (1975), Jurassic Park (1993), Schindler's List (1993), dan jangan lupakan Saving Private Ryan (1998) yang memborong 5 Piala Oscar dan juga beberapa penghargaan lain.

War of The Worlds sendiri menceritakan Ray Ferrier (Tom Cruise) yang menghabiskan akhir pekannya bersama kedua anaknya, Rachel (Dakota Fanning) dan Robbie (Justin Chatwin) setelah bercerai dengan istrinya. Ray memang seorang ayah yang tak sempurna, malah tidak disukai oleh Robbie, tidak jarang Robbie pun sering berau mulut dan membantah ayahnya itu. Lalu sesuatu yang aneh pun mulai terjadi, dimulai adanya gulungan hitam besar di langit, lalu munculnya petir yang 26 kali (menurut perhitungan Robbie) menyambar kota. Tidak sampai disitu saja, ternyata sambaran petir itu membuat semua alat elektronik, bahkan jam tangan dan mobil pun menjadi mati. Lalu ditemukan sebuah retakan besar layaknya bekas jatuhan meteor di dekat gereja. ketika semua orang berkumpul untuk melihat retakan itu, tiba-tiba mereka merasakan sesuatu bergerak di dalam tanah, mereka pun sadar bahwa di bawah kaki mereka itu tidak ada kereta bawah tanah maupun saluran air. Retakan pun meluas dan menghancurkan bagian depan gereja, dan tanpa disangka-sangka, muncullah sebuah robot besar mirip pesawat UFO yang memiliki tentakel dan mempunyai senjata utama semacam laser yang bila mengenai manusia akan langsung berubah menjadi debu. Bagaimana kisah selanjutnya? Akankah Ray bisa membawa Rachel dan Robbie selamat dari serangan Alien yang menampakkan wujud aslinya di akhir Film ini?


Film yang diadaptasi dari novel karya H.G. Wells berjudul The War Of The Worlds ini bisa diitung sukses dari segi pendapatan. Pasalnya, dengan budget 132 juta USD, Film ini meraup pendapatan kotor 591, 7 juta USD. Film ini juga mendapat 3 nominasi Piala Oscar 2006 meskipun 3 nominasi itu pada akhirnya direbut oleh King Kong. Namun bukan berarti War Of The Worlds sepi penghargaan, Saturn Award, BMI Film Music Award, Critics Choice Award, COFCA Award, Golden Trailer, Sierra Award, Golden Reel Award, VES Award dan World Soundtrack Award dan 19 nominasi lainnya adalah bukti bahwa Film kedua Mr. Spielberg tahun 2005 selain Munich ini bisa disebut sebagai salah satu karya terbaik Mr. Spielberg.

Overall, War Of The Worlds adalah sajian Film Invansi Alien yang bisa dinikmati selama 118 menit durasinya. Selain spesial effect yang mumpuni, konflik keluarga dalam Film ini pun bisa diambil sebuah pelajaran. Bahwa bagaimanapun, keselamatan dan kebahagiaan anak adalah yang paling utama bagi setiap orang tua.



Rate: 7/10

4 komentar:

  1. salam kenal ya! Sekalian nanya nih! kenapa tiba* si robbie bisa muncul di akhir cerita. Di kirain di udah mati ke bakar bareng tentara* !

    BalasHapus
  2. Initinya alien itu mau apa ya

    BalasHapus
  3. Masih bnyk kejanggalan di film tersebut si, namun overall lumayan menegangkan juga
    Jngn lupa kunjungin balik blog saya fahrinheit.com ya gan

    BalasHapus